Adaberitanet
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita


Kabupaten Pali Sudah Terapkan Pengurusan Akta Kelahiran Bisa Dilakukan Secara Online

0 749

PALI, SUMSEL - Bagi masyarakat Bumi Serepat Serasan yang akan melakukan pembuatan akta kelahiran saat ini bisa lebih mudah dan tidak harus mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Sebab untuk mengurus akta kelahiran bisa dilakukan secara online.

Hal itu dijabarkan Rismaliza, Kepala Disdukcapil PALI, Selasa (12/11).  Seperti dilansir laman Sininews.com. Selain akte konvensional yang diterbitkan di kantor dinas Dukcapil, menurut Rismaliza bahwa akta kelahiran pun bisa di cetak langsung oleh masyarakat dengan melampirkan persyaratan sama seperti persyaratan akta kelahiran.

"Akan tetapi harus di unduh ke website layanan online Dukcapil dengan cara klik https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id/ dan ikuti panduan yang ada pada website tersebut," ungkap Rismaliza.

Namun sebelum melakukan pelayanan secara online, Rusmaliza menegaskan bahwa yang utama adalah penduduk yang akan membuat telah masuk dalam Kartu Keluarga (KK) dan yang bisa mendaftarkan hanya kepala keluarga.

"Masyarakat diminta mencantumkan nomor handphone dan email untuk melakukan registrasi dan aktivasi akun. Jadi masyarakat harus membuat akun terlebih dahulu agar bisa teregistrasi di website Dukcapil. Dimana dalam website tersebut ada petunjuk dan langkah yang harus di lakukan," terangnya.

Akta Capil online dikatakan Rismaliza  memiliki kedudukan hukum yang sama seprti akta kelahiran terbitan Dukcapil.

"Tidak usah khawatir dalam keabsahan akta kelahiran secara online, sebab kedudukannya sama. Bahkan pelayanan atau pembuatan akta kelahiran secara online bisa mempermudah dan mempercepat pencetakan, sebab masyarakat bisa mencetak langsung sendiri. Dan kami jelaskan disini, bahwa pelayanan akta kelahiran secara online tidak seluruh daerah bisa melakukannya," pungkas Rismaliza

 

Redaksi Adaberitanet.com/Hy

.

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda Ya Saya Tau Nanti saja