16 Pelaku Spesialis Pencurian Toko Emas, Diringkus Team Ladas Kamboja Palembang

img

16 Pelaku Spesialis Pencurian Toko Emas, Diringkus Team Ladas Kamboja Palembang

Palembang, ADABERITANET.COM -

16 pelaku sindikat pencurian spesialis toko emas lintas Provinsi jaringan internasional, yang diketahui beraksi dikota Palembang diringkus Team Ladas Kamboja Unit Reskrim Polsek Ilir Timur I Palembang. Senin (4/2/2019).

Berdasarkan data yang dihimpun ke 16 tersangka 7 diantaranya berasal dari Sumatera Utara, Riau, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan. Diantara 16 tersangka termasuk dua penadah emas hasil curian turut diamankan petugas.

Diketahui dalam menjalankan aksinya para sindikat ini berbagi tempat, dengan berkelompok yang dibagi menjadi dua tim. Tim satu menyasar toko emas di kawasan Pasar 16 Palembang sedangkan tim dua menyasar toko emas di PTC Mall Palembang.

“ Benar saya datang ke Palembang dari Sumut, kami naik bus dan travel. Setelah sampai di Palembang kami bersinggah sejenak, kemudian merencanakan aksi pencurian ditoko emas,” beber Sudarmanto saat ditemui di Mapolsek IT I Palembang.

Namun, belum sempat menikmati hasil curiannya, komplotan ini berakhir setelah diringkus polisi. Dimana polisi dari Polsek Ilir Timur I meringkus Sudarmanto di kawasan dibilangan Veteran Palembang.

“ Ya pak mereka semua ikut sendiri, saya tidak pernah mengajak mereka. Karena semua nya saya kenal dikarenakan kami satu kampung. kami dari Surabaya tapi kami tinggal di Medan Sumut. Ada juga dari pekanbaru. Saya ajak melakukan ini setelah saya datangi satu persatu. Namun belum sempat berbagi hasil curian kami ditangkap,” tuturnya

Adapun modus yang digunakan untuk mencuri emas dengan merusak lem kaca dietalase saat beraksi tujuh orang tersangka berbagi tugas. Peran tersangka wanita mengalihkan perhatian korban berpura pura melihat-lihat emas, agar tidak terlihat tersangka lainnya menutup etalase agar tidak terlihat dari luar saat emas diambil.

Kemudian alat yang mereka gunakan untuk merusak etalase yakni dengan pisau yang sudah dimodifikasi dan kawat yang juga sudah dimodifikasi, lalu lem dietalase dirusak dengan pisau lalu memasukkan kawat untuk menarik emas yang ada didalam etalase.

Sementara itu, Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Haribawono, didampingi Kapolsek IT 1, Kompol Edi Rahmat Mulyana menyampaikan, bahwa komplotan pencurian spesial toko emas ini berjumlah 16 orang. Terdiri dari 9 laki-laki dam 7 wanita. Yang berasal dari tiga wilayah seperti Sumut, Riau dan Jawa Timur.

“ Kita ketahui saat beraksi komplotan ini dibagi dua kelompok tergantung sasaran dengan modus yang sama dengan mendatangi toko emas, pelaku wanita berpura pura sebagai pembeli ada juga yang mengalihkan perhatian korban nya serta menutupi penglihatan dari luar toko," ungkapnya.

“ Ya. selain di Palembang komplotan yang dipimpin Sudarmanto diindikasikan juga sering beraksi didaerah lain seperti Padang Sumbar, dan Medan Sumut. Dan Polsek Ilir Timur I saat ini tengah melakukan pengembangan terhadap sindikat ini,” himbuhnya.

Selain itu, untuk kerugian yang dialami korban bermacam-macam ada yang 6,4 juta, ada emas yang berat nya 60 gram. Dan total keseluruhan nya masih diselidiki dan 16 tersangka sudah dilakukan penyidikan termasuk dua orang penadah nya juga sudah diamankan.

“ Saat ini kami akan terus menerus  mengembangkan kasus nya karena komplotan ini terindikasi komplotan lintas Provinsi karena selain di Palembang komplotan ini juga beraksi di medan dan Sumbar,” tutup Polisi Nomor Satu Di kota Palembang.(@bdus-7)

leave a comment