Bupati Askolani Sebut Pemilu 2019 Tanggung Jawab Bersama

img

Bupati Askolani Sebut Pemilu 2019 Tanggung Jawab Bersama

BANYUASIN, ABN- Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH memimpin Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Ruang Rapat Bupati Banyuasin, (18/02). Askolani mengungkapkan pentingnya rapat ini dalam rangka optimalisasi kesiapan demi terwujudnya Pemilu 2019 yang demokratis dan damai, mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan pasca Pemilu.

“Ini merupakan Pemilu dengan pola serentak, antara Pemilu Legislatif, DPD, serta pemilihan Presiden diselenggarakan secara bersamaan pada 17 April 2019 dan menjadi tanggung jawab semua pihak untuk menyukseskan Pemilu 2019,” kata Bupati

Untuk itu, diharapkannya Pemkab bersama TNI-Polri, beserta masyarakat tetap siaga seluruh potensi pengamanan yang ada agar Pemilu 2019 berjalan aman, tertib dan lancar serta kondusif. “Apalagi jumlah DPT Banyuasin terbesar nomor dua setelah Kota Palembang,” ucap Askolani

Pemilu kali ini, lanjut Askolani, merupakan pesta demokrasi yang melibatkan seluruh masyarakat di negeri ini. Menurutnya, Pemilu merupakan tanggung jawab bersama dalam menjaga nama baik Banyuasin, bukan hanya tanggung jawab KPU, Bawaslu. Ia berharap pemilu teeselenggara dengan sukses, aman, nyaman, dan tidak terjadi persoalan.

Ketua Ketua KPU Kabupaten Banyuasin Agus Supriyanto, SE., menuturkan kesuksesan Pemilu 2019 nanti tentunya harus melibatkan seluruh elemen termasuk melibatkan pihak Pemkab Banyuasin.

Dijelaskan Agus, total petugasyang dimobilisasi KPU sebanyak 24.275 orang
dengen rincian PPK 95 org sekretariat PPK 27 org, PPS 912 org KPPS 22.329 org yaitu 17.367 petugas KPPS di TPS, dan 4.962 petugas Linmas di TPS.

Sementara itu, Ketua Bawaslu M. Mustakim menyampaikan pentingnya rapat koordinasi tersebut guna memetakan seluruh potensi kerawanan sekaligus mengukur kesiapan para stakeholder dan pemerintah, dalam penyelanggaraan Pemilu, baik dari segi fasilitas, pelayanan, juga pengamanan.

Tugas Bawaslu melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran da sengketa Pemilu, mengawasi pelaksanaan tahapan pemilu, mencegah praktik money politic, mengawasi netralitas penyelenggara Pemilu, ASN

“Kita harus bangun kesadaran di masyarakat bahwa Pemilu harus menggembirakan, tidak seseram yang dibicarakan. Kita juga harus mampu melawan Hoax yang beredar dengan cara gerakan-gerakan yang nyata dari simpul-simpul masyarakat,” katanya.

Dilansir data KPU Banyuasin pada Pemilu 2019, terdapat sebanyak 593.746 mata pilih. KPU juga menetapkan sebanyak 2.481 TPS dengan jumlah kotak suara 12.405 kotak suara 9.924 bilik suara dan Jumlah surat suara 3.028.105.

Rapat diikuti Dandim 0430 Banyuasin, Kapolres Banyuasin, Sekda Banyuasin, Ketua KPU Kabupaten Banyuasin, Bawaslu Kabupaten Banyuasin, Para Asisten Setda, Kadishub, Kabankesbangpol, Kadisdukpencapil, Kadiskominfo, Kasat Pol PP

(Diskominfo/PKP/Yan/Ril)

 

leave a comment