Tradisi Meput Lesung Meriahkan Harla Tulang Bawang ke 22

img

Tradisi Meput Lesung Meriahkan Harla Tulang Bawang ke 22

TUBA,ABN- Dinas Pariwisata Tulangbawang menggelar meput lesung di lapangan depan Mal Pelayanan Publik (MPP) Tulangbawang, Kamis (14/03) siang.

Sekitar seribuan orang menyesaki tarup yang berdiri depan MPP Tulangbawanguntuk ikut acara meput lesung.

Agenda meput lesung yang dihelat Dinas Pariwisata Tulangbawang dalam rangka memeriahkan HUT ke-22 Tulangbawang.

Meput lesung digelar usai launching soft opening MPP oleh Bupati Tulangbawang Winarti.

Meput lesung adalah tradisi makan khas Lampung dengan menaruh nasi serta lauk pauk berserta sambal langsung di atas ulekan sambal atau dalam bahasa Lampung-nya adalah lesung.

Tak tanggung-tanggung, meput lesung ini melibatkan sekitar seribuan orang.

Tak hanya masyarakat biasa, meput lesung yang dihelat Dinas Pariwisata Tuba ini juga melibatkan unsur ASN dan juga pejabat Pemkab Tulangbawang.

“Ini (meput lesung) menjadi bagian dari tradisi orang Lampung,” terang Ismed, Kepala Dinas Pariwisata Tulangbawang, Kamis (14/3/2019).

• Mal Pelayanan Publik di Tulangbawang Resmi Diluncurkan

Bupati Tulangbawang Winarti bersama anggota DPR RI Aziz Syamsudin serta anggota DPRD Lampung Bambang Suryadi pun turut serta dalam meput lesung yang ditarget meraih penghargaan dari MURI ini.

Winarti bersama Aziz Syamsudin dan pejabat Pemkab Tulangbawang terlihat terampil mengulek sambal di atas lesung dalam bahasa Indonesianya disebut cobet.

Cabai merah, sambal terasi, dan rampai di ulek sampai halus lantas dibubuhi nasi di atasnya. Lantas dibubuhi ikan bakar di atas cobet tersebut. Jadilah penganan yang menggugah selera. (Feri/red)

leave a comment