KOMITE SOLIDARITAS PERJUANGAN BURUH BEKASI GERUDUK PT SRIKANDI DIAMOND MOTORS DAN DISNAKERTRANS

img

KOMITE SOLIDARITAS PERJUANGAN BURUH BEKASI GERUDUK PT SRIKANDI DIAMOND MOTORS DAN DISNAKERTRANS

Bandung, ABN - Puluhan buruh dari  Komite Solidaritas Perjuangan Buruh (KSPB) BEKASI melakukan aksi unjuk rasa di depan PT. Srikandi Diamond Motors (Mitsubishi Motor) Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung pada 13 Mei 2019.

 

Berikut rilis yang diterima Adaberitanet.com dari Dendi selaku koordinator aksi KSPB Bekasi;

Kami dari Komite Solidaritas Perjuangan Buruh (KSPB) BEKASI menyampaikan kepada masyarakat umum bahwasannya pada hari ini Senin 13 Mei 2019 kami kembali turun kejalan untuk menyampaikan aspirasi kami mengenai permasalahan yang menimpa buruh Indonesia dan persoalan pelanggaran hak-hak buruh dimana pengusaha Jepang tidak patuh akan ketentuan Undang-Undang yang ada di Indonesia dengan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap buruh-buruhnya tanpa melalui ketentuan Undang-Undang.

Oleh karena itu, pada aksi hari ini kami gruduk Dealer resmi Mitsubishi di mana PT.Mitsubishi Motors Indonesia sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam timbulnya masalah di PT. Ichikoh  Indonesia, dalam hal ini PT.Mitsubishi Motors Indonesia tidak tegas dan cenderung tidak serius menanggapi aduan para pekerja terkait pelanggaran ketenaga kerjaan. Dimana PT.Mitsubishi Motors Indonesia  mempunyai Kode Etik ( code of conduct ) dimana setiap vendornya harus patuh hukum yang ada di indonesia, dalam hal ini  PT. Ichikoh  Indonesia sebagai vendor tier 1 PT.Mitsubishi Motors Indonesia yang memproduksi  had lamp/lampu untuk merk mobil Mitsubishi yang mana PT.Ichikoh Indonesia Melakukan pelanggran pengunaan  PKWT yang melanggar Undang-Undang Ketenaga kerjaan dan PT. Senopati Fujitrans Logistic Services sebagai pengelola pergudangan milik Kramayuda Tiga Berlian yang menyimpan dan menyalurkan spert part merk Mitsubishi melakukan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Pasal 65 Ayat 7 dan  Ayat 8 dan Pasal 66 yang mana penggunaan jasa outsorcing hanya untuk kegiatan penunjang yaitu Usaha pelayanan kebersihan ( cleaning service), usaha penyediaan makanan bagi pekerja/buruh catering, usaha tenaga pengaman ( security/satuan pengamanan ), usaha jasa penunjang di pertambangan dan perminyakan dan usaha penyediaan angkutan pekerja/buruh. Dan pengunaan outsorcing di PT. Senopati Fujitrans Logistic Services tidak termasuk kedalam 5 (lima) kategori tersebut yang mana para pekerja yang dari jasa outsorcing PT. Graha Indotama Taramedia di tempatkan di bagian utama yaitu di bagian pergudangan sebagai Driver Forklift, di bagian Packing, Raking, Inventory yang semua bagian utama dalam pergudangan.

Dari fakta hukum yang ada maka Komite Solidaritas Perjuangan Buruh (KSPB) Bekasi menyatakan sikap :

1. Pekerjakan kembali buruh anggota SBBI PT. Ichikoh Indonesia yang di PHK dan angkat ke-11 anggota dan pengurus SBBI PT. Ichikoh Indonesia menjadi karyawan tetap  sesuai Pasal 59 ayat (7) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. 

2. Pekerjakan kembali buruh PT. SENFU yang dikenai PHK sepihak sesuai hasil Nota Pemeriksaan Khusus  Nomor : 560/B-7429/UPTD-WIL-II/XII/2018 

Masa aksi Komite Solidaritas Perjuangan Buruh (KSPB) BEKASI terdiri dari

Serikat Kobelco Indonesia, Serikat Gerakan Buruh Bumi Indonesia, Serikat Pejuang Buruh Sejahtera Indonesia, Serikat Buruh Bumi Manusia, Asosiasi Karyawan untuk Solidaritas Indonesia, Serikat  Buruh Bermartabat Indonesia, Serikat Pekerja Automotif Indonesia dan Solidaritas Indonesia.

Setelah melakukan aksi unjuk rasa PT. Srikandi Diamond Motors (Mitsubishi Motor), masa aksi melanjutkan aksi di Depan Disnakertrans Provinsi Jabar Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung.

Masa aksi diterima untuk audiensi oleh oleh Disnaker Provinsi Jabar, terkait hasilnya, Nota Pemeriksaan tidak didapatkan buruh, dengan alasan rumit dan berbelit, maka rencananya KSPB akan menggedor Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia di Jakarta, tegas Dendi.

 

Laporan    :  Yono

Editor       :   Irawan

Redaksi Adaberitanet.com

leave a comment