Lestarikan Budaya Ngundang, Sekda Banyuasin Tampil Layaknya Aktor Kawakan

img

Lestarikan Budaya Ngundang, Sekda Banyuasin Tampil Layaknya Aktor Kawakan

foto:Sekda Banyuasin tampak menghayati peran

BANYUASIN (Sumsel), ABN - Melestarikan budaya dan adat tradisional. HM Yusuf Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuasin, berperan sebagai tuan rumah dalam adegan Film Dokumentasi.

 

Terpantau aksinya dalam melakukan dialog adat "Ngundang sedekah" tidak di ragukan lagi làyaknya artis film kawakan yang telah biasa di hadapan kamera. Dengan berbahasa daerah kota Pangkalan Balai Kabupaten " Banyuasin. HM Yusup terlihat menghayati perannya sebagai seorang putra daerah asli bersama para Tokoh Adat Kota Pangkalan Balai yang turut berakting dalam cerita adat itu.

"Adat dan budaya asli memang harus di lestarikan dan memang kewajiban kita sebagai anak bangasa." Ucapnya usai melaksakan perannya di pendopoan Rumah Dinas, Bupati Kabupaten Banyuasin, kemarin sore.

Dirinya juga mengungkapkàn saat ini dalam dunia pendidikan khusuanya di kabupaten Banyuasin. Peningkatan pendidikan dalam peleatarian budaya dan adat istiadat kepada anak-anak sejak usia dini juga telah di laksanakan.

" Bukan hanya budaya, program banyuasin Religius juga kita lakukan. Saat masuk sekolah sebelum belajar para pelajar akan melaksanakan membaca Doa dan Yassin secara bersama." Terangnya

Sementara Itu, Tokoh Adat Kota Pangkalan Balai, Adenan Abdul Somad menyampaikan kelestarian adat istiadat serta budaya yang ada di Kabupaten Banyuasin sangatlah penting untuk dilestarikan. Karna semakin majunya zaman jika tidak dikenalkan ke anak cucu maka kebudayaan yang seharusnya di jaga akan hilang dengan sendirinya.

" Ini penting, semoga dengan cara melestarikannya dapat di teruskan oleh generasi muda yang ada di Banyuasin." Tutupnya.


Laporan : Deni
Editor     : Irawan
Redaksi Adaberitanet.com

leave a comment