Buang Puntung Rokok Sembarangan Dapat Membahayakan Pertumbuhan Tanaman di Sekitarnya

img

Buang Puntung Rokok Sembarangan Dapat Membahayakan Pertumbuhan Tanaman di Sekitarnya

ADABERITANET.COM -Menurut sebuah studi terbaru, puntung rokok yang dibuang begitu saja di rumput atau tanah dapat membahayakan pertumbuhan tanaman di sekitarnya.

 

Studi yang dipimpin oleh Anglia Ruskin dari University in Cambridge, menemukan bahwa puntung rokokdapat memengaruhi tunas dan perkembangannya.

Hal ini semakin menambah kekhawatiran tentang sisa-sisa rokok sebagai polutan yang jarang diperhatikan tapi tersebar dengan luas.

Menurut studi yang dipublikasikan pada jurnal Ecotoxicology and Enviromental Safety, puntung rokok memotong pertumbuhan rumput sebanyak 10% dan daun semanggi sebesar 27%.

Meskipun sedotan plastik lebih mendominasi percakapan, tapi puntung rokok juga termasuk kontaminan buatan manusia yang jumlahnya banyak dan memiliki dampak luas.

Laporan BBC menyatakan bahwa ada 4,5 triliun sampah puntung rokok yang berserakan di dunia setiap tahunnya.

Para peneliti mengambil sampel di sekitar Cambridge, termasuk beberapa lokasi yang memiliki 128 sampah puntung rokok dalam setiap meter persegi.

Hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan dari rokok yang sudah diisap atau belum. Keduanya sama-sama berbahaya bagi lingkungan.

Tidak hanya puntungnya saja, bahaya rokok juga berasal dari asap yang dihasilkannya. Oleh sebab itu, beberapa aktivitas lingkungan telah mendorong agar rokok dilarang.

 

Sumber : National Geographic Magazine Indonesia 

Redaksi Adaberitanet.com

 

leave a comment