Berita Terkini

Ada Dugaan Pungli Program Indonesia Terang, JPKP Demo Di Kejari Banyuasin

#VIDEO

BANYUASIN – Menindaklanjuti adanya dugaan pungli pada program indonesia terang, Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan menggelar aksi unjuk rasa di Kejari Banyuasin. Rabu (28/12/2022).

 

Dalam aksi kali ini JPKP Banyuasin meminta pihak kejari Banyuasin melakukan pemeriksaan terhadap pihak ketiga yang disebut sebagai pihak yang memungut sejumlah dana untuk pemasangan lampu jalan dalam program Indonesia Terang, di wilayah kecamatan makarti jaya kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan.

Dalam orasinya JPKP Ketua JPKP Kabupaten Banyuasin Indo Sapri dan Sekjen Budi Setiawan menuturkan pihaknya, terpanggil untuk ikut serta berpartisipasi melakukan kontrol sosial terhadap Dugaan Penggelapan dan Penipuan atas Nama Program Indonesia Terang di Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin pada Tahun 2019.

Diketahui berdasarkan Laporan dari Masyarakat tertanggal 2 Desember 2019 terdapat Oknum Kontraktor dari CV. CHANDRA JAYA PRATAMA inisial J, meminta sejumlah uang 60.000.000, dengan alasan sebagai Uang Pengambilan Pemasangan Lampu Jalan Program Indonesia Terang PLTS (PJU-TS) sebanyak 400 titik di 11 Desa dan 1 Kelurahan di Kecamatan Makarti Jaya.

Penyerahan Sejumlah Uang tersebut diatas diserahkan langsung oleh Camat Makarti Jaya atas Nama Sarip yang dikumpulkan dari Pihak Kecamatan Makarti Jaya dan 11 Desa serta 1 Kelurahan di Kecamatan Makarti Jaya dengan maksud membantu Transportasi pengangkutan alat-alat PJU-TS guna memperlancar program Indonesia Terang yang akan masuk wilayah Kecamatan Makarti jaya.

Namun hingga saat ini Pemasangan Lampu Jalan Program Indonesia Terang PLTS (PJU-TS) sebanyak 400 titik di 11 Desa dan 1 Kelurahan di Kecamatan Makarti Jaya tidak pernah direalisasikan tanpa keterangan yang jelas dari Oknum Kontraktor inisial J.

Maka dengan ini kami menyatakan sikap..!!!!

1. Mendesak Kejaksaan Negeri Kabupaten Banyuasin untuk Memeriksa Camat Makarti Jaya pada Masa Tahun 2019 dan 11 Kepala Desa Serta 1 Lurah sebagai Saksi dan Korban atas Dugaan Penggelapan dan Penipuan atas Nama Program Indonesia Terang di Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin pada Tahun 2019 yang diduga dilakukan oleh Oknum Kontraktor inisial J

2. Mendesak Kejaksaan Negeri Kabupaten Banyuasin untuk Memeriksa, Menangkap dan Menahan Oknum Kontraktor ainisial J, didugaan telah melakukan penipuan dan penggelapan sesuai yang diatur dalam pasal 372 KUHP,374 KUHP,375 KUHP dan Pasal 378 KUHP.

3. Mendesak Kejaksaan Negeri Kabupaten Banyuasin untuk menegakan supermasi Hukum atas kejadian ini agar tidak terulang lagi dikemudian Hari.

Sementara perwakilan kejari Banyuasin Bara SH menyambut baik aksi JPKP Banyuasin serta meminta perwakilan JPKP untuk menyampaikan laporan langsung ke PTSP kejari Banyuasin agar laporan dapat segera ditindaklanjuti sesuai prosedur hukum yang berlaku.

Red.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button