Berita DaerahRedaksi

Rapat Paripurna Dalam Acara Mengikuti Siaran Langsung Pidato Kenegaraan Presiden RI

#DPRD Banyuasin

BANYUASIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuasin menggelar rapat paripurna dalam acara mengikuti siaran langsung pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022.

Acara berlangsung di Gedung Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Banyuasin dipimpin Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan, SH., MH, Selasa (16/8/2022).

Dalam pengantarnya Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan menyampaikan sebagaimana diketahui setiap bulan Agustus Pemerintah Indonesia dan seluruh lapisan masyarakat diseluruh penjuru tanah air akan mengenang dan merayakan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Rapat ini mendengarkan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Kemerdekaan RI Ke-77 Tahun, dengan tema Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat,” katanya.

Saat mendengarkan acara kenegaraan live melalui tampilan layar, tampak Ketua MPR Bambang Soesatyo membuka sidang tahunan MPR dan pidato Kenegaraan Presiden. Dilanjut sambutan sidang bersama DPR dan DPD oleh ketua DPR Puan Maharani.

Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraannya disampaikannya sejumlah persoalan sejak pandemi hingga krisis yang sempat melanda Indonesia. Mulai dari krisis kesehatan, pangan hingga perekonomian.

“Indonesia termasuk dalam penanganan Covid-19 terbaik masuk dalam 5 besar negara di dunia, hal itu menunjukkan bangsa Indonesia tangguh membangun dan saling bersinergi menghadapi pandemi,” ucapnya.

Soal ekonomi beliau mengatakan ekonomi mulai bertumbuh, ia menilai perkembangan ekonomi Indonesia cukup baik di tengah fundamental ekonomi dunia yang bergejolak. Hal ini menunjukkan bangsa Indonesia tangguh membangun dan saling bersinergi menghadapi pandemi.

“Kekuatan kedua Indonesia adalah sumber daya alam, yang jika dikelola bijak dan berkelanjutan maka bisa dimaksimalkan untuk kepentingan Nasional. Kekuatan ketiga yakni bonus demografi dan kekuatan keempat adalah kepercayaan Internasional kita harus eling lan waspodo menghadapi krisis global marilah bersatu padu untuk Indonesia Maju, Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” katanya.

Agenda sidang bersama DPR dan DPD RI ditutup dengan pembacaan doa oleh Nazarudin Umar imam besar masjid Istiqlal, usai mendengarkan pidato kenegaraan Sukirman mengatakan bahwa ada beberapa tantangan yang dihadapi Indonesia.

“Dari pidato Presiden tadi maka tantangannya adalah krisis kesehatan, perekonomian yang belum bangkit, dan perang Rusia-Ukraina yang menganggu sektor ekonomi, energi, pangan, dan keuangan secara global,” kata Sukirman.

Meski begitu, Indonesia masih memiliki kekuatan diantaranya nilai kebersamaan dan memiliki sumber daya alam melimpah, bonus demografi, dan kepercayaan Internasional. Mari bersatu padu untuk Indonesia Maju Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Turut hadir Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH, Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono, SH, Wakil Ketua TP-PKK, Pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta sejumlah anggota legiun veteran.

Red.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button